Ini Jadwal dan Tema Debat Terakhir Capres pada Pemilu 2024

JAKARTA – Selama masa kampanye Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) memfasilitasi debat calon presiden dan calon wakil presiden sebanyak 5 kali.

Total 5 kali debat ini terdiri dari 3 kali untuk calon presiden dan 2 kali untuk calon wakil presiden. Ketentuan ini sebagaimana diatur dalam Pasal 50 ayat (1) Peraturan KPU (PKPU) Nomor 15 Tahun 2023 tentang Kampanye Pemilu.

Kali ini, debat tersebut telah dilakukan sebanyak empat kali. Berdasarkan jadwal yang telah ditetapkan, debat kelima atau debat terakhir untuk calon presiden ini ditetapkan pada Minggu (4/2/2024).

Baca Juga  Pawai Obor Pertama di IKN, Di Ikuti Puluhan Peserta

Adapun tema pada debat terakhir ini meliputi pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, kebudayaan, teknologi informasi, kesejahteraan sosial dan inklusi. Debat terakhir ini dapat disaksikan di TV One, ANTV dan Net TV. Termasuk di kanal YuoTube resmi KPU.

Sebagai bentuk pematangan persiapan debat terakhir ini, KPU telah melakukan evaluasi bersama tim paslon, TV penyelenggara dan menerima masukan masyarakat.

Baca Juga  Sosok Astri, Bhabinkamtibmas Perempuan di IKN

Berdasarkan jadwal, debat terakhir untuk calon presiden ini akan diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta pada Minggu (4/2/2024) pukul 19.00 WIB.

Untuk diketahui, debat ini merupakan salah satu metode kampanye yang dapat difasilitasi KPU dengan pendanaan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Hal ini sesuai ketentuan Pasal 275 ayat (1) huruf h Undang-Undang (UU) Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

Baca Juga  Modus Politik Uang Beragam, Simak Respons Bawaslu Sulawesi Selatan

Dalam rangka penyelenggaraan debat paslon, KPU telah melakukan serangkaian persiapan agar pelaksanaan debat dapat berjalan dengan lancar.

Selain FGD perumusan tema dan isu strategis pelaksanaan debat, juga dilakukan rapat koordinasi bersama Tim Paslon Presiden dan Wakil Presiden, rapat koordinasi dengan media massa penyelenggara debat, serta rapat koordinasi dengan stakeholder terkait. (*/AH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Belum ada komentar disini
Jadilah yang pertama berkomentar disini