Pemkab Bakal Gelar Lomba Kebersihan Tingkat OPD

Foto: Bupati Berau Sri Juniarasih pimpin apel rutin

TANJUNG REDEB -Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam penanganan sampah dengan benar, Pemkab Berau akan menggelar lomba kebersihan, khususnya untuk tingkat OPD. Hal ini bertujuan agar ASN bisa menjadi contoh masyarakat.

“Lomba kebersihan di tingkat OPD Pemkab Berau ini sebagai bentuk awalan, agar para seluruh ASN bisa ikut andil dalam kegiatan penanganan sampah,” ujar Bupati Berau Sri Juniarsih.

Dikatakannya, permasalahan penanganan sampah di Kabupaten Berau khususnya daerah perkotaan, harus menjadi kesadaran semua pihak termasuk ASN. Dan sosialisasi juga harus terus digencarkan, agar masalah sampah ini bisa terselesaikan.

Baca Juga  Objek Wisata Jadi Potensi Pemasaran Produk UMKM Lokal

Selain itu, upaya lain yang dilakukan Pemkab Berau adalah dengan mewajibkan ASN untuk menjadi nasabah bank sampah. Hal itu dilakukan untuk mengurangi tumpukan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Bujangga, yang berada di Jalan Sultan Agung.

“Ini juga instruksi agar ASN menjadi contoh masyarakat agar bisa ikut serta adanya program tersebut. Sehingga menjadi salah satu langkah menanggulangi sampah dengan cara dipilah,” tambahnya.

Skema yang dilakukan saat ini adalah sampah harus dipilah dulu, bukan asal dibuang pada tempatnya, agar sampah yang berakhir di TPA nantinya hanya berupa residu. Sementara penanganan residu tersebut yang menjadi tanggung jawab pemerintah.

Baca Juga  Bupati Minta Petugas Konsisten Angkut Sampah di TPS

Sosialisasi pemilahan sampah itu juga sudah berjalan, seperti di sekolah mulai dari tingkat SD, SMP maupun SMA. Karena kelompok ini jauh lebih mudah dan bisa mempraktikkan langsung dalam memilah sampah. (adv)

Reporter: Diva

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Belum ada komentar disini
Jadilah yang pertama berkomentar disini