Terus Meningkat, Tahun Ini Bupati Tambah Alokasi Dana Kampung Jadi Rp 463 M

Foto: Bupati Sri Juniarsih

TANJUNG REDEB – Sejak 2022 lalu, dukungan dana untuk pemerintahan kampung di Kabupaten Berau terus meningkat. Total dana di Kampung pada 2022 sebesar Rp. 297,2 Miliar, 2023 sebesar Rp. 386,5 Miliar dan tahun ini sebesar Rp. 463 Miliar.

Dana itu berasal dari berbagai sumber, mulai dari APBN, APBD Provinsi dan APBD Kabupaten Berau. Dengan dana yang besar ini, Bupati Berau berharap agar pengelolaannya bisa maksimal.

“Kuncinya ada di kepala kampung (Kakam). Sebagai pemimpin tertinggi di kampung, maka semua pengelolaan dana kampung itu harus diketahui oleh Kakam. Harus ada transparansi dalam penggunaan dana itu,” ucap Bupati Berau Sri Juniarsih.

Baca Juga  Percepat Penanggulangan Kemiskinan Perlu Kolaborasi Dengan Pihak Ketiga

Total dana kampung yang ada juga berasal dari dana karbon dari APBN, APBD Provinsi Kalimantan Timur, APBD Berau serta DBH-DR. Ada 77 kampung yang akan mendapatkan kucuran dana tersebut.

“Selain 77 kampung yang mendapatkan dana karbon, sebanyak 21 kampung juga mendapatkan bantuan dana dari DBH DR,” terang Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) Kabupaten Berau Tenteram Rahayu.

Baca Juga  Memperkuat Koperasi Menuju Kesejahteraan Ekonomi

Tak hanya itu, DPMK Berau juga telah menerima anggaran dari Alokasi Dana Khusus (ADK) sesuai dengan persetujuan Bupati Berau.

“Anggaran ADK itu melebihi anggaran yang DPMK miliki yaitu di atas 10 persen. Ada 47 kampung mendapat anggaran lebih dari Rp 2 miliar, 43 kampung lebih dari Rp 3 Miliar, 8 kampung lebih dari Rp 4 Miliar, 1 kampung lebih dari Rp 5 Miliar dan 1 kampung lebih dari Rp 6 Miliar,” tambahnya.

Baca Juga  Bupati Ajak Masyarakat Mulai Memilah Jenis Sampah

Dan sesuai arahan Bupati Berau Sri Juniarsih, Kakam bisa menggali potensi kampung untuk mewujudkan kemajuan, kemandirian dan kesejahteraan masyarakat. Karena ini menjadi tantangan memajukan kampung, mulai dari pelayanan dasar hingga perwujudan kampung berprestasi. (adv)

Reporter: Diva

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Belum ada komentar disini
Jadilah yang pertama berkomentar disini