Kakam Harus Lebih Pintar dan Mendominasi

Foto: Bupayi kala membuka pelatihan kepala kampung belum lama ini.

TANJUNG REDEB – Bupati Berau Sri Juniarsih mengingatkan agar kepala kampung (Kakam) bisa lebih tegas dalam melaksanakan tugasnya. Selain itu, juga harus lebih pintar dari perangkat kampung maupun yang lainnya.

“Kakam harus lebih pintar. Apalagi saat ini sudah ada yang membantu pelaksanaan program kampung seperti perangkat kampung dan pejuang sigap. Jadi Kakam harus lebih mendominasi,” tegas Sri Juniarsih, saat membuka peningkatan kapasitas politik dan kepemimpinan pemerintahan kampung, di Bumi Segah Hotel, Senin (27/5/2024).

Baca Juga  Bupati Sebut PPI Bisa Jadi Mitra Pemkab Berau

Posisi Kakam sebagai pembuat keputusan dan pengambil kebijakan tertinggi di kampung, harus bisa dilakukan dengan tegas. Karena Kakam berkedudukan sebagai kepala pemerintah kampung, yang memimpin penyelenggaraan pemerintahan kampung.

Untuk itu, Bupati juga mengimbau khususnya bagi Kakam baru yang menjabat, agar bisa berkoordinasi secara intens dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (DPMK) Berau. Jika ada permasalahan atau sumbatan dalam pelaksanaan program kerja, bisa segera dibahas bersama dan dicarikan solusinya.

Baca Juga  Bupati Minta PAUD di Berau Terdaftar di Sistem Dinas Pendidikan

“Apalagi Alokasi Dana Kampung (ADK) saat ini nilainya juga tinggi. Harapannya supaya Kakam bisa lebih leluasa dalam pengelolaannya. Laksanakan semua program prioritas yang seharusnya segera dilakukan,” tambahnya.

Baca Juga  Dukung TNI, 13 Unit Kendaraan R2 Diserahkan Bupati ke Kodim 0902/Bru

Yang terpenting, kata Bupati, untuk penerbitan Peraturan Kampung (Perkam) atau kebijakan kampung lainnya, harus sesuai dengan regulasi dan aturan yang ada. Jangan sampai Kakam berani melakukan hal yang bertentangan bahkan bisa menyebabkan masalah hukum nantinya.(adv)

Reporter: Diva

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Belum ada komentar disini
Jadilah yang pertama berkomentar disini