Rayakan IdulAdha di Kaltim, Akmal Malik Dorong Pelatihan Keterampilan bagi Anak Panti Asuhan

SAMARINDA – Kemeriahan Iduladha 1445 Hijriah di Kalimantan Timur (Kaltim) tak hanya diwarnai dengan keceriaan, tetapi juga semangat kemandirian. Pj Gubernur Kaltim, Akmal Malik, dalam momen spesial ini mengunjungi sejumlah panti asuhan di Samarinda pada Senin (17/6) untuk berbagi kebahagiaan dan menanamkan semangat kemandirian pada anak-anak panti.

Didampingi Kadis Sosial Kaltim, Andi Muhammad Ishak, Akmal Malik mengunjungi empat panti asuhan, yaitu Panti Asuhan Anak Al Walidarurrahmah, Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) Rumah Lansia dan Yatim FJDK, Panti Asuhan LKSA Kasih Bunda Utari Yayasan Kharisma Pertiwi, dan LKSA Panti Asuhan Nurul Haq. Di setiap panti asuhan, keceriaan anak-anak menyambut rombongan Pj Gubernur.

Baca Juga  Stunting di Kaltim Turun 9 Persen dalam Setahun, Akmal Malik Dorong Orkestrasi Penanganan Lebih Kuat

Lebih dari sekadar membawa keceriaan, Akmal Malik juga menyerahkan paket sembako yang diharapkan dapat membantu meringankan kebutuhan sehari-hari anak-anak panti. Tak hanya itu, Akmal Malik juga ingin menanamkan semangat kemandirian pada anak-anak dengan mendorong pengelola panti asuhan untuk memberikan pelatihan keterampilan dan pembekalan kecakapan hidup sesuai dengan minat dan bakat anak-anak.

Baca Juga  Pulihkan Kelistrikan Di Ujoh Bilang, PLN Bentuk tim Khusus Untuk Percepat Penanganan Listrik

“Anak-anak panti harus kreatif bekerja dan mandiri, bukan hanya terampil dalam beribadah,” pesan Akmal Malik.

Menurutnya, bekal ilmu dan keterampilan sangatlah penting bagi anak-anak panti untuk menggapai cita-cita mereka di masa depan. Contohnya, mereka bisa diajarkan bisnis online, memasak, hingga berdagang. Jika perlu, mereka dimagangkan di luar panti asuhan.

Baca Juga  Sosok Astri, Bhabinkamtibmas Perempuan di IKN

“Artinya, anak-anak ini harus memiliki life skill sehingga mereka bisa menggapai cita-citanya,” jelas Akmal.

Pada kesempatan ini, Akmal Malik juga menyampaikan apresiasi kepada lembaga kesejahteraan sosial yang telah membantu pemerintah dalam mengurus masyarakat yang kurang beruntung. Ia berharap sinergi antara pemerintah dan lembaga kesejahteraan sosial dapat terus terjalin untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Belum ada komentar disini
Jadilah yang pertama berkomentar disini