Bareng Danrem 092 Maharajalila, Kapolda Kaltara Pantau TPS di Tarakan

FOTO Saat Kapolda Kaltara bareng Danrem 092 Maharajalila pantau TPS di Tarakan. (Humas Polda Kaltara)

TARAKAN – Kapolda Kaltara Irjen Pol. Daniel Adityajaya, S.H., S.I.K., M.Si., bersama Danrem 092/Mrl Brigjen Inf. Adek Chandra Kurniawan, SIP selaku pimpinan Polri dan TNI yang ada di Provinsi Kalimantan Utara bersinergi dalam melaksanakan pengecekan langsung ke sejumlah TPS (Tempat Pemungutan Suara) yang ada di Kota Tarakan, Rabu (14/02/2024).

Dalam pengecekan tersebut, Kapolda Kaltara bersama Danrem 092/Mrl didampingi oleh Dir Intelkam Polda Kaltara, Kabid Propam Polda Kaltara, Wakapolres Tarakan.

Adapun lokasi TPS yang dikunjungi pertama kali yaitu TPS 62 di daerah Kelurahan Karang Anyar Kecamatan Tarakan Barat.

Baca Juga  Kapolda Kaltara Irjen Daniel Adityajaya Pimpin Zoom Meeting Kesiapan Pemungutan Suara Pemilu 2024

Kemudian berlanjut ke TPS di Jl. Diponegoro Kecamatan Tarakan Tengah, dimana di lokasi ini terdapat 5 (Lima) TPS dalam 1 (satu) titik.

Pengecekan langsung ke TPS dilanjutkan kembali dengan mengunjungi TPS khusus di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Tarakan.

TPS khusus ini sengaja disediakan bagi para pemilih (warga binaan) yang ada di Lapas Tarakan.

Pengecekan akhir dilanjutkan secara mobile dengan pemantauan TPS – TPS yang berada di jalan protokol Kota Tarakan.

Kemudian Kapolda Kaltara dan Danrem 092/Mrl bersama rombongan melaksanakan pemantauan situasi lewat Posko Ops Mantab Brata Kayan yang ada di Mako Polres Tarakan.

Baca Juga  3.388 Petugas KPPS di Bulungan Resmi Dilantik

Pengecekan ke TPS dilaksanakan dalam rangka mengetahui secara langsung situasi kamtibmas dilokasi TPS – TPS pada saat pencoblosan dan melakukan pengecekan kesiapsiagaan Personel TNI – Polri dalam melaksanakan pengamanan TPS.

“Kepolisian bertugas menjaga dan mengamankan kotak dan surat suara dari KPU hingga ke TPS sampai pelaksanaan dan pengawalan hasil pemilu dari TPS ke gudang KPU Sehingga tugas kepolisian melekat terkait pengamanan pemilu ini,” ungkap Kapolda Kaltara.

Kapolda Kaltara menekankan bahwa pengamanan Pemilu 2024 akan menyita waktu dan tenaga, sehingga diperlukan persiapan dan kesiapan personel yang bisa menanggulangi berbagai permasalahan yang dimungkinkan terjadi di lapangan.

Baca Juga  Ditlantas Polda Kaltara Tingkatkan Patroli Blue Light di Tanjung Selor

Lebih lanjut, Kapolda menyampaikan pentingnya menjaga keamanan masyarakat.

“Hak konstitusional berada di tangan masyarakat, maka gunakanlah hak pilihnya sesuai dengan hati nurani, jangan percaya hoax, pilihan boleh beda tapi keamanan dan Persatuan warga harus tetap terjaga,” tegasnya.

Kunjungan Kapolda Kaltara bersama Danrem 092/Maharajalila di Kota Tarakan menjadi bukti nyata komitmen aparat Kepolisian dan TNI dalam memastikan jalannya Pemilu yang aman dan berlangsung dengan lancar.

Dengan melibatkan berbagai pihak, termasuk Forkopimda dan masyarakat, diharapkan Pemilu tahun 2024 akan menjadi ajang demokrasi yang berkualitas dan memberikan dampak positif bagi kemajuan bangsa dan negara. (Rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Belum ada komentar disini
Jadilah yang pertama berkomentar disini