Terpasang di 10 Titik, Starlink Resmi Uji Coba di IKN

Pemasangan Starlink di Nusantara

NUSANTARA – Starlink layanan internet berbasis satelite milik Elon Musk akhirnya resmi terpasang di Ibu Kota Nusantara (IKN) yang merupakan produk inovasi SpaceX. Pemasangan Starlink sendiri difasilitasi oleh lembaga konsulat dunia, yaitu Tony Blair Institute (TBI).

“Kita sudah melakukan pemasangan sebanyak 10 titik dibeberapa titik kunci di Ibu Kota Nusantara dan semua difasilitasi langsung oleh TBI,” tutur Senior Manager – Strategic Communications Tony Blair Institute For Global Change, Tomy Soetjipto dihubungi via whatsapp 18/5.

Menggunakan teknologi satelite low earth menjadi keunggulan utama Starlink yang memungkinkan pemasangan secara cepat dan praktis tanpa perlu bergantung pada infrastruktur telekomunikasi kabel serat optik.

Baca Juga  Pertamina Pastikan Stok dan Penyaluran LPG hingga BBM Kalimantan Timur Aman

“Saat pemasangannya ada di Hutan Kota, Puskesmas Sepaku III, Rumah Sakit Mayapada, Rest Area & Sentra UMKM Nusantara, Kampung Argo Mulyo, SMKN 1 PPU, Kampung Bukit Raya, PSSI, RSUD Sepaku, dan Bandara VVIP, untuk jaringan sementara belum untuk publik,” tuturnya lagi.

Pemasangan di daerah-daerah tersebut bukan tanpa sebab, karena tempat-tempat ini merupakan area strategis pelayanan publik di sektor pendidikan, kesehatan dan keamanan.

“Pemasangan ini juga dilakukan untuk menunjang kinerja masyarakat sekitar dengan internet sehingga bisa berkembang lebih pesat,” ucapnya tersenyum.

Jaringan internet yang stabil dan memiliki kecepatan yang baik menjadi salah satu komponen kunci mewujudkan visi kota cerdas atau smart city di Nusantara. Kini masyarakat ibu kota bisa menjajal internet lebih kencang dari yang biasanya.

“Pemasangan Starlink kit ini menandakan sebuah lompatan yang signifikan, kami berharap pencapaian ini akan menarik lebih banyak minat dari mitra OIKN baik yang sudah ada maupun yang akan datang untuk mendukung pengembangan infrastruktur digital di Nusantara,” tutupnya.

Baca Juga  Menhan Prabowo Tinjau Kesiapan Lokasi Upacara HUT RI Perdana di IKN

Terpisah, Deputi Bidang Transformasi Hijau dan Digital Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN), Muhammad Ali Berawi mengatakan saat ini pemasangan Starlink untuk tujuan uji coba.

“Device Starlink terpasang untuk Proof of Concept (PoC) yang akan menguji kecepatan akses internet dan kehandalan device yang tersedia, nanti kita lihat hasil uji cobanya” singkatnya dihubungi via whatsapp (18/5).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Belum ada komentar disini
Jadilah yang pertama berkomentar disini