Dukung Penuh Wisata, Budaya dan UMKM di Kecamatan Tabalar

Foto: Bupati Sri Juniarsih kala melihat produk UMKM Tabalar.

TANJUNG REDEB – Pemkab Berau sedang gencar dalam hal pengembangan potensi wisata, bahkan hingga ke perkampungan. Beberapa waktu lalu, saat mengunjungi Kecamatan Tabalar, Bupati Berau Sri Juniarsih juga mengungkapkan komitmennya dukung peningkatan potensi wisata di sana.

“Salah satu program Pemkab Berau di tahun ini adalah merealisasikan pengadaan paket alat kesenian, untuk lembaga seni budaya Langgeng Budoyo di Kecamatan Tabalar,” ujarnya.

Selain itu, pembangunan jalan di beberapa titik yakni di Kampung Tubaan, Semurut, Pilanjau, dan Buyung-Buyung, revitalisasi drainase kawasan permukiman dan peningkatan jalan permukiman, sudah masuk dalam DPA DPUPR Tahun Anggaran 2024 untuk mendukung pengembangan pariwisata di sana.

Baca Juga  Bupati Harap RSB Benar-benar Diperuntukkan untuk Mustahik

Lanjutnya, Pemkab Berau menggencarkan peningkatan sektor pariwisata baik bersifat alam maupun adat budaya Bahari. Dengan terjaganya kelestarian pariwisata, bisa menarik minat wisatawan dari berbagai daerah, guna peningkatkatan perekonomian masyarakat juga menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) Berau.

“Kita punya wisata bahari dan ekowisata alam yang tidak dimiliki kabupaten atau kota yang lain. Ini harus kita lestarikan. DNA yang paling penting juga untuk mengangkat ekonomi masyarakat,” tambahnya.

Terlebih, dengan adanya penetapan ibukota negara Nusantara, semua kampung diharapkan dapat memaksimalkan potensinya masing-masing. Termasuk Kecamatan Tabalar dapat memaksimalkan potensi pariwisata, selain penguatan potensi perikanan yang menjadi andalan di kecamatan ini.

Baca Juga  Dalam Waktu Dekat SK Perpanjang Masa Jabatan Kakam ditetapkan Bupati

“Saya mendorong seluruh perangkat terkait untuk memberikan pembinaan dan pendampingan ekonomi kreatif yang dapat memajukan Kecamatan Tabalar,” tegasnya.

Sri berharap, Kecamatan Tabalar bisa terus menciptakan ide menarik dalam pengembangan wisatanya. Kata dia, bangun kerjasama dan kolaborasi dengan semua pihak untuk memaksimalkan hasil yang diinginkan. (ADV)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Belum ada komentar disini
Jadilah yang pertama berkomentar disini