Bupati Minta Kabutuhan Sekolah Jangan Bebankan ke Orangtua

Foto: Sri Juniarsih, Bupati Berau

TANJUNG REDEB,– Pendidikan menjadi salah satu sektor yang mendapatkan perhatian lebih baik dari pemerintah pusat maupun pemerintah daerah, termasuk di Kabupaten Berau. Bupati Berau Sri Juniarsih juga selalu meminta pihak sekolah agar aktif usulkan kebutuhan sekolahnya.

“Ada anggaran khusus yang diberikan untuk kebutuhan sekolah ini. Jadi silakan usulkan saja ke Pemkab, jangan bebankan pada orangtua apapun bentuknya,” ucap Sri Juniarsih.

Baca Juga  Sri Juniarsih Ingatkan Masyarakat Jangan Nekat Garap Lahan KBK

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Berau, Mardiatul Idalisah, juga mengingatkan seluruh satuan pendidikan di bawah kewenangan pemerintah daerah agar tidak memungut biaya apapun kepada peserta didik, dengan alasan apapun.

Karena seluruh pendidikan sejak Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) negeri di Kabupaten Berau gratis untuk masyarakat. Tidak ada biaya tambahan apapun untuk masuk sekolah atau pun yang dibayar per bulan.

Baca Juga  Banyak Pendatang, Wabup Harap Kerjasama Berau-Soppeng Bisa Terealisasi

Dicontohkannya, ada rencana pembangunan fasilitas penunjang sekolah, namun realisasinya memerlukan tambahan dana. Komite sekolah bisa melakukan penggalangan dana untuk mencukupinya, hanya saja sifatnya sukarela, tanpa paksaan.

Baca Juga  Sri Juniarsih Ingatkan Dana Karbon Harus Dikelola Sesuai Peruntukkannya

“Kalau ada yang mematok sumbangan pada nominal tertentu, itu tidak dibenarkan,” tegasnya.

Dirinya juga mengimbau agar pihak sekolah selalu berkoordinasi dengan Disdik mengenai kegiatan apapun, termasuk jika ada fasilitas yang dianggap kurang memadai, dapat mengusulkannya ke Pemkab Berau. (adv)

Reporter: Diva

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Belum ada komentar disini
Jadilah yang pertama berkomentar disini