Serapan Tenaga Kerja Lokal Berau Terus Meningkat

Foto: Bupati kala menyematkan topi kepada peserta pelatihan keahlian

TANJUNG REDEB – Jumlah tenaga kerja lokal di Kabupaten Berau terus mengalami peningkatan. Hingga April 2024 terdata ada 29.728 tenaga kerja lokal.

Jumlah itu mengalami peningkatkan dari data sebelumnya pada November 2023 yakni 28.751 orang.

“Ini adalah data berdasarkan dari perusahaan yang melapor ke kita (Disnakertrans),” jelas Kepala Bidang Perluasan dan Penempatan Kerja, Dinas Tenaga Kerja dan Trasmigrasi (Disnakertrans) Berau, Dewi Rakhmasari.

Sesuai laporan perusahaan tersebut, lanjutnya, total keseluruhan tenaga kerja yang dihimpun sampai dengan saat ini, termasuk tenaga kerja lokal, mencapai 51.343 orang.

Baca Juga  Pentingnya Grand Design Kependudukan Guna Tingkatkan Promosi Ekraf

“Dari jumlah itu, persentase tenaga kerja lokal sebesar 60 persen yang telah bekerja di Kabupaten Berau,” ucapnya.

Selain itu, terdapat juga tenaga kerja antar kerja antar daerah (AKAD) dan antar kerja lokal (AKL) dengan persentase di bawah tenaga kerja lokal.

“Tenaga kerja keseluruhan 51.343 orang. Tenaga kerja lokal 29.728 orang. Lokal 60 persen, AKAD 29 persen, dan AKL 11 persen,” ujarnya.

Terpisah, Kepala Disnakertrans Berau, Zulkifli Azhari menegaskan kehadiran tenaga kerja lokal tentu menguntungkan perusahaan. Selain itu, langkah perusahaan uga telah sesuai dengan keinginan kepala daerah, yakni Bupati Berau.

“Kalau perusahaan ambil karyawan lokal, sebenarnya perusahaan akan lebih diuntungkan. Sebab tidak perlu siapkan tempat tinggal, biaya transportasi, dan sebagainya,” ucapnya.

Dengan beberapa keuntungan itu, tambahnya, perusahaan mesti mempertimbangkan dengan baik kehadiran tenaga kerja lokal tersebut, sehingga, para tenaga kerja lokal juga bisa mendapatkan pekerjaan di wilayahnya sendiri.

Baca Juga  Mencari Besi, Ardi Hilang di Sungai Bebanur

“Selain tenaga kerja lokal siap dengan skill-nya, perusahaan juga harus punya kesadaran mau menerima tenaga kerja lokal,” bebernya.

Dia selalu mengingatkan kepada seluruh perusahaan di Berau untuk bisa tetap memperioritaskan para tenaga kerja lokal. Apalagi yang memiliki ski dan kemampuan yang sama, maka seharunya mengutamakan pekerja lokal.

“Aturannya juga sudah jelas tentang hal ini (utamakan tenaga kerja lokal),” ujarnya. (adv)

Reporter: Diva

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Belum ada komentar disini
Jadilah yang pertama berkomentar disini