Bupati Ingatkan, Kebersihan dan Habitat Alami Objek Wisata Harus Diperhatikan

Foto: Bupati Sri Juniarasih sat menikmati keindahan Air Terjun Nyalimah di Teluk Sumbang.

TANJUNG REDEB -Bupati Berau Sri Juniarsih dalam setiap agenda kunjungan wisata selalu mengingatkan bahwa faktor kebersihan objek wisata sangatlah penting. Selain itu, habitat alami penghuni objek wisata juga harus diperhatikan, karena merupakan salah satu daya tarik wisatawan.

“Kebersihan merupakan salah satu poin penting karena merupakan faktor kenyamanan wisatawan. Kalau tempat wisata itu kotor, tentu pengunjung tidak akan nyaman berwisata ke lokasi itu,” ujar Sri Juniarsih.

Baca Juga  Komitmen Tingkatkan Fasilitas dan Kualitas Pengajar

Dirinya menyebut sampai saat ini masih ada tempat wisata yang belum memaksimalkan penanganan sampah. Salah satunya yakni objek wisata Pulau Derawan. Masih banyak sampah yang terabaikan baik di sekitar pantai maupun di sepanjang hamparan pasir pantai.

“Saya tekankan bahwa kebersihan bukan hanya demi menjaga ekosistem yang hidup di bawahnya, tetapi juga untuk memastikan kepuasan para pengunjung,” tegasnya.

Baca Juga  Dukung Penuh Sekolah Siaga Kependudukan untuk Bekal Generasi Muda

Kemudian, untuk pembangunan penginapan juga dikatakannya harus sesuai aturan. Jangan sampai merambah hingga ke tengah laut, sehingga bisa merusak ekosistem yang ada seperti karang ikan.

Dirinya menekankan bahwa menjaga kebersihan dan habitat alami di Pulau Derawan buka hanya tanggung jawab petugas kebersihan, tetapi juga dari pemilik penginapan serta seluruh komunitas yang terlibat dalam industri pariwisata.

Baca Juga  Jadi Pusat Kuliner, Bupati Tegaskan Kebersihan Sungai Adalah Wajib

Dan untuk penanganan sampah, dikatakannya kesadaran masyarakat masih rendah dalam hal ini. Untuk itu, semua pihak tanpa terkecuali perlu sigap dalam menangani persoalan sampah di destinasi wisata.(adv)

Reporter: Diva

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Belum ada komentar disini
Jadilah yang pertama berkomentar disini