Belum Punya KTP? Bupati Imbau Masyarakat Segera Lakukan Perekaman

Foto: Disdukcapil kala melakukan perekaman KTP di sekolah.

TANJUNG REDEB – Bupati Berau Sri Juniarsih mengimbau masyarakat yang sudah cukup umur dan bisa mendapatkan KTP elektronik, agar segera melakukan perekaman.

Imbauan ini, dikatakannya bukan semata-mata karena akan digelarnya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada 27 November 2024 mendatang. Tapi, karena identitas kependudukan berupa e-KTP saat ini sangat dibutuhkan untuk mengakses semua pelayanan yang disediakan pemerintah.

“Bantuan baik dari pusat, provinsi bahkan daerah semuanya berdasarkan data kependudukan. Kalau sudah memiliki e-KTP, maka akan lebih mudah untuk mengakses atau mendapatkan bantuan itu,” terang Sri Juniarsih.

Baca Juga  Pemkab Gelontorkan 1 Miliar untuk Jalur Tracking Tembus Danau Nyadeng

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Berau juga diminta memaksimalkan upaya dalam menuntaskan perekaman e-KTP bagi masyarakat. Bahkan, upaya jemput bola juga bisa dilakukan untuk mempercepat proses tersebut.

“Strategi jemput bola dan edaran ke setiap kelurahan untuk masyarakat segera melakukan perekaman, sudah kita lakukan. Dan ini sudah berjalan sejak lama untuk memaksimalkan kepemilikan identitas diri bagi masyarakat Kabupaten Berau,” ujar Kepala Disdukcapil Berau, David Pamudji.

Sedangkan untuk Pilkada, sesuai arahan Kemendagri mengenai Pilkada Serentak 2024, pihaknya melakukan sistem jemput bola, baik ke kecamatan, kelurahan bahkan ke kampung-kampung, agar masyarakat yang punya hak pilih bisa menggunakan haknya pada Pilkada serentak.

Baca Juga  Bupati Ingatkan Pelaku UMKM Harus Punya NIB

“Kita akan berikan infonya by name, by address, ke kelurahan atau desa untuk dibantu mengarahkan segera melakukan perekaman. Hal ini dimaksudkan agar dapat memaksimalkan perekaman di kecamatan yang jauh dari kota, sehingga mereka dapat menjadi pemilih di Pilkada nantinya,” tambahnya. (adv)

Reporter: DIVA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Belum ada komentar disini
Jadilah yang pertama berkomentar disini