Anggaran Pengembangan Perpustakaan Terus Ditambah

Foto Ilustrasi: Seorang pegawai tengah membaca di perpusatkaan

TANJUNG REDEB -Untuk menggenjot peningkatan jumlah perpustakaan terakreditasi, Pemkab Berau memberikan dukungan di semua sisi, baik untuk regulasi hingga anggaran. Bahkan, alokasi anggaran untuk pengembangan dan peningkatan fasilitas perpustakaan, terus ditambah.

Seperti pada tahun 2023 lalu, Pemkab Berau melalui APBD murni menggelontorkan anggaran sekitar Rp 170 juta untuk pembuatan ruang baca terbuka. Dan anggaran Rp 900 juta untuk penambahan koleksi atau memperbaharui buku.

“Dan kita upayakan setiap tahunnya anggaran itu akan bertambah, sehingga pengembangan literasi khususnya untuk perpustakaan bisa maksimal. Dan ini juga untuk memotivasi dan mendorong semangat tenaga perpustakaan di 13 kecamatan Kabupaten Berau,” ucap Bupati Berau Sri Juniarsih.

Baca Juga  Pembicara Nasional, Bupati Berbagi Tips Pengembangan Perpustakaan di Daerah

Pemerintah Kabupaten Berau sendiri memiliki 18 program unggulan Berau, yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMD). Dimana 3 butir dari 18 program unggulan tersebut, berkolerasi langsung dengan pengembangan perpustakaan.

“Pengembangan perpustakaan diselenggarakan melalui inovasi Strategi Peningkatan Literasi melalui Perpustakaan Aktif, Kreatif, Edukatif dan Menarik (SIPENA PAKEM). Kemudian ada 50 perpustakaan digital berbasis website, yang diserahkan kepada perpustakaan yang telah terakreditasi pada tahun 2023 serta penambahan koleksi e-book untuk perpustakaan digital di perpustakaan kampung tahun 2023,” tambahnya.

Untuk program unggulan kedua, yaitu peningkatan insentif bagi sumber daya manusia (SDM) Kader Posyandu, tenaga pendidik dan tenaga layanan lainnya, termasuk tenaga perpustakaan melalui sinergi dengan perangkat daerah seperti Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) serta Sekretariat Daerah-Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Berau.

Baca Juga  Memperkokoh Kebangkitan Spiritual di Tanjung Redeb Melalui Tabligh Akbar

Program unggulan yang ketiga adalah tata kelola pemerintahan yang bersih dan berkualitas, melalui SDM yang profesional berbasis digital teknologi, melalui sinergi dengan sekretariat daerah dan perangkat daerah seperti DISPUSIP dan Dinas komunikasi dan Informatika (DISKOMINFO) Berau.(adv)

Reporter: Diva

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Belum ada komentar disini
Jadilah yang pertama berkomentar disini