Bupati Beraharap, Pempus dan Pemprov Beri Perhatian Khusus untuk Berau

TANJUNG REDEB – Bupati Berau Sri Juniarsih berharap gelaran Musrenbang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) tahun 2025-2045 dan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2025 Kabupaten Berau, bisa membuat pemerintah pusat (Pempus) dan pemrintah provinsi (Pemprov) lebih concern dengan pembangunan di Berau.

“Pemerintah pusat dan provinsi diharapkan dapat mendampingi sebaik-baiknya untuk Berau, karena kadang usulan dari Berau ini kalau kita tidak bermohon berkali-kali, itu kurang direspon, padahal Berau ini merupakan bagian dari IKN kedepan, sehingga harus menjadi prioritas,” ucap Sri Juniarsih,

Baca Juga  Polsek Sepaku Berhasil Ringkus Pengedar Sabu, 13 Paket Sabu Diamankan

Untuk itu, Sri Juniarsih berharap agar seluruh elemen masyarakat, dapat bersama untuk mengawal konsistensi dan rencana belanja sesuai dengan prioritas yang telah disusun.

“Ini juga perlu waktu yang lebih banyak untuk mengkomunikasikan kebutuhan tersebut, baik dengan pusat maupun provinsi. Supaya usulan yang masuk bisa direalisasikan kedepan di Berau,” tambahnya.

Terlebih, kata Sri Juniarsih, Berau nantinya sebagai destinasi wisata terkemuka yang maju sejahtera dan berkelanjutan, yang diharapkan jadi pedoman dan acuan, untuk menyusun visi dan misi program kedepan. Ini juga sesuai dengan arahan pembangunan wilayah Berau menurut kebijakan provinsi Kaltim, yaitu Berau sebagai pusat ekowisata, ekraf serta sentra pertanian dengan cara mendorong pertumbuhan sektor pariwisata bukan hanya tingkat nasional tapi juga internasional.

“Sehingga, ekraf dan UMKM yang berkembang juga diikuti perkembangan sektor pertanian pangan, perkebunan dan perikanan. Karena ini merupakan potensi yang kita miliki yang semuanya tidak bisa dilepaskan dari perhatian baik itu pemerintah provinsi maupun pusat, yang harapannya mengurangi tingkat pengangguran, menurunkan angka kemiskinan serta menumbuhkan laju ekonomi yang lebih baik di Berau,” tutupnya.

Baca Juga  Tahun Ini, Pemkab Upayakan Penambahan RTH Dalam Kota

Bupati juga menegaskan agar prioritas pembangunan harus menjadi prioritas untuk dapat kemudian dirumuskan dalam RKPD 2025, dan dapat difokuskan untuk mendorong pengembangan potensi Berau, sebagai bagian daripada transformasi dan akselerasi ekonomi dan menangkap peluang dari pembangunan IKN kedepan.(adv)

Reporter: Diva

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Belum ada komentar disini
Jadilah yang pertama berkomentar disini