Semarak suasana Ramadhan, alumni IPB di Balikpapan Salurkan Santunan Ke Panti Asuhan

BALIKPAPAN – Himpunan Alumni Institut Pertanian Bogor (HA-IPB) Dewan Pengurus Cabang (DPC) Kota Balikpapan menyelenggarakan Bakti Sosial berupa pemberian santunan Alumni dan Iftar Ramadhan yang diikuti dari 35 peserta yang terdiri dari pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) HA-IPB Provinsi Kaltim, anggota HA-IPB DPC Balikpapan, sanggar seni madihin Balikpapan, dan 100 siswa panti asuhan serta pengurusnya yang tersebar di 4 Panti Asuhan (PA) yaitu PA Al Hidayah Sumber Rejo, PA Sahabat Yatim dan Dhuafa Indra Killa, PA Sahabat Yatim & Dhuafa Sepinggan, serta PA Nurul Iman Indra Killa pada Jum’at (29/24) kemarin.

Kegiatan para alumni IPB ini bertujuan mengenal lebih dekat terhadap keberadaan Panti Asuhan di lingkungan kota Balikpapan serta meningkatkan soliditas dan membuat guyub sesama alumni IPB yang berdomisili di kota Beriman, Balikpapan, Kalimantan Timur.

Pelaksanaan bakti sosial ini sejalan dengan program kerja Dewan Pimpinan Daerah HA IPB Kalimantan Timur dalam rangka memasyarakatkan eksistensi dan kontribusi alumni terhadap pembangunan daerah, sekaligus menyalurkan kepedulian sesama alumni kepada warga masyarakat yang membutuhkan, dimana alumni bertempat tinggal dan mencari nafkah.

Baca Juga  Perdana dari Balikpapan, Mudik Asyik Bareng BUMN, PLN Lepas 975 Pemudik

Ketua HA IPB DPC Balikpapan, Dharma Saputra menjelaskan melalui bakti sosial pemberian santunan & iftar di ramadhan ini. Alumni IPB diharapkan dapat menyisihkan sebagian rezeki yang diperoleh dari aktifitas mereka di kota Balikpapan agar turut dirasakan manfaatnya bagi masyarakat sekitar, lebih khusus kepada para anak yatim penghuni panti asuhan, sehingga kehadiran para alumni yang kepengurusannya dikukuhkan pada 9 Desember 2023 di sentra industri UMKM Teritip Balikpapan Timur ini benar-benar dapat dirasakan manfaatnya dalam membangun kota yang bersih indah dan nyaman ini.

“Masyarakat pun dihimbau agar dapat memberikan saran dan masukan kepada para alumni yang dalam kegiatan bakti sosial ini turut mensosialisasikan keberadaan sekretariat alumni DPC HA IPB Balikpapan yang berlokasi di Gedung Inhutani, Jalan Jendral Sudirman No, 4 Balikpapan” pungkas Dharma.

Lalu Ketua DPD HA IPB Kalimantan Timur yang diwakili kang Irsan Supratman menyebutkan menyambut baik kegiatan bakti sosial dan iftar bersama ini serta menyampaikan apresiasi kepada seluruh anggota DPC HA IPB Kota Balikpapan. “Anak-anak panti asuhan mendapatkan sentuhan silaturahmi dari para alumni yang berasal dari kampus yang acap kali dipopulerkan dengan sebutan Institut Pesantren Bogor ini” tuturnya menyungging senyum dalam sambutannya jelang buka puasa sore itu.

Baca Juga  Bersinarnya Bank Sampah Binaan PLN UIP KLT yang Ubah Nasib Warga Amintri, Perempuan Penjaga Lingkungan

Sementara itu, Ustad Nazarudin Lathif yang juga merupakan alumni IPB Jurusan Teknologi Benih angkatan tahun 1988, memaparkan hikmah Ramadhan bagi kehidupan masyarakat di lingkungan sekitarnya, terutama dalam mengurangi beban ekonomi masyarakat melalui kepedulian komunitas HA-IPB, sehingga bisa saling menguatkan tali silaturahim sesama alumni, sekaligus sebagai sarana menyalurkan zakat mal masing-masing alumni kepada anak yatim piatu yang tersebar di beberapa panti asuhan dan dapat bertatap muka langsung dengan penghuni panti asuhan sehingga memberi kesan tersendiri setelah melihat langsung keseharian anak-anak di panti asuhan.

“Keberadaan Himpunan Alumni IPB dengan masyarakat sekitar maupun sesama alumni seperti satu tubuh, dimana jika ada yang demam misalnya, maka para alumni pun merasa terpanggil untuk mengulurkan bantuannya,” jelas ustadz yang sudah berdomisili di Balikpapan sejak 2002 ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Belum ada komentar disini
Jadilah yang pertama berkomentar disini