BI Balikpapan Siapkan Uang Kartal 1,8 Triliun, Naik 13% Dari Tahun Lalu

BALIKPAPAN – Tradisi berbagi rezeki pada hari raya Idul Fitri sudah mendarah daging di Indonesia. Dalam hal ini yang lebih tua dan memiliki rezeki lebih membagikan thr atau tunjangan hari raya kepada yang lebih muda.

Dalam hal ini Bank Indonesia pun menyediakan jasa penukaran uang untuk berbagi di hari yang ditunggu umat islam sedunia itu.

Program Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idul Fitri (Serambi) 2024 dengan tema ” Bijak Gunakan Rupiah di Bulan Penuh Berkah” menyediakan Rp. 1,8 triliun untuk memenuhi kebutuhan penukaran uang di kota Balikpapan, kabupaten Penajam Paser Utara, dan kabupaten Paser, Kalimantan Timur untuk memenuhi kebutuhan Idul Fitri 2024.

Baca Juga  Stok Hewan Kurban di Kaltim Aman untuk Iduladha 1445 H, Harga Naik Dibanding Tahun Lalu

“Dari sisi jumlah kita siapkan 1,8 triliun ditahun ini naik sekitar 13% tahun lalu hanya 1,6 triliun dengan jumlah itu kita bisa memenuhi jumlah yang cukup selama ramadhan dan idul fitri ini,” tutur Kepala Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan, Robi Ariadi.

Ia mengungkapkan kenaikan yang cukup signifikan ini dikarenakan Balikpapan sendiri adalah wilayah yang paling banyak dituju dari wilayah sekitar di Kalimantan Timur juga pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) mempengaruhi penambahan perputaran uang kartal di Balikpapan.

“Hal itu yang mempengaruhi kenaikan cukup tinggi 13,2 % ditahun ini,” pungkasnya.

Untuk penukaran sendiri setiap individu bisa mendaftar melalui aplikasi Pintar di playstore. Setiap orang mendapat jatah penukaran sebesar Rp. 4.000.000,- perorangnya dengan rincian pecahan Rp. 50.000,- 20 lembar, pecahan Rp. 20.000,- 50 lembar, pecahan Rp. 10.000,- 100 lembar, pecahan Rp. 5000,- 100 lembar, pecahan Rp. 2000,- 200 lembar dan pecahan Rp. 1000,- 100 lembar.

Selain itu BI Balikpapan juga melayani penukaran uang 75 ribu dan pecahan koin.

Di Balikpapan sendiri ada 6 tempat yang akan menjadi tempat penukaran kas keliling yaitu Pasar Segar, Islamic Center, Pasar Sepinggan, Pasar Inpress, Bandara Sams Sepinggan, Pelabuhan Semayang, Pelabuhan Kariangau yang dimulai dari tanggal 18 Maret 2024 hinggal 5 April 2024.

Baca Juga  Diresmikan di IKN, BPJS Kesehatan Usung Kantor Bertema Rumah Panggung

“Kita batasi agar semua dapat secara merata sehingga tidak terpaku pada seseorang atau kelompok tertentu, lebih banyak yang dilayani maka akan lebih baik,” ungkapnya kepada media ini ditemui usai Kick Off Serambi 2024 di Kantor KPw Bank Indonesia Balikpapan.

Selain itu seluruh perbankan juga akan melayani penukaran uang secara kolektif di 134 titik kantor perbankan.

“Penukaran bisa menggunakan Qris di bank atau cash,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Belum ada komentar disini
Jadilah yang pertama berkomentar disini