Polri Pastikan Kesiapan Pengamanan Distribusi Logistik Pemilu 2024

FOTO Satgas Operasi Mantap Brata Lancang Kuning (Satgas OMB LK) Sterilisasi 2023-2024 Pemilu Damai 2024 melibatkan satwa K9 saat melaksanakan sterilisasi di area gudang logistik KPU Pekanbaru di Pekanbaru, Riau, Jumat (8/12/2023). ANTARA FOTO/Rony Muharrman/Spt

JAKARTA – Kepolisian RI (Polri) memastikan kesiapan personilnya untuk mengamankan distribusi logistik Pemilu 2024.

Upaya tersebut dilakukan bersama dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).


Demikian ditegaskan Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigadir Jenderal Polisi Trunoyudo Wisnu Andiko di Jakarta, Jumat (26/1/2024).


“Sejak KPU melakukan distribusi sudah melekat personel Polri untuk melakukan pengamanan.

Baca Juga  Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko: Presiden Punya Hak Politik, Acuannya UU Pemilu

Penyelenggaraan distribusi tetap dari KPU dan diawasi oleh Bawaslu sampai dengan saat ini,” kata Truno.


Pengamanan distribusi logistik tersebut, tambahnya, mulai dari pelipatan surat suara hingga distribusinya, menjadi salah satu sasaran kegiatan Operasi Mantap Brata 2023-2024 yang dilaksanakan Polri selama 222 hari terhitung sejak 19 Oktober 2023 sampai dengan 20 Oktober 2024.


Selain pengamanan distribusi logistik, pengamanan capres-cawapres, Tempat Pemungutan Suara (TPS), dan kantor-kantor penyelenggara pemilu juga menjadi bagian penting yang diamankan.

Baca Juga  Urban Air Mobility IKN Akan Diuji Coba di Kaltim


Dalam Operasi Mantap Brata ini, kata Truno, didukung oleh sejumlah satuan tugas, baik itu preventif maupun satgas preemtif, dari tingkat pusat hingga daerah.


Polri juga telah mengantisipasi pengamanan distribusi logistik untuk daerah 3T (tertinggal, terdepan dan terpencil), hingga wilayah perbatasan dan kepulauan.


“Terkait beberapa daerah seperti kepulauan, kami dalam hal ini Polri memiliki satgas bantuan operasi, di antaranya ada polisi udara dan polisi perairan atau Polairud,” kata Truno.


Tugas Polairud adalah mendukung sarana angkutan perairan bagi satgas lainnya dalam Operasi Mantap Brata, termasuk untuk kepentingan distribusi logistik pemilu.
Polri, lanjut Truno, sudah memiliki nota kesepahaman dengan KPU dan Bawaslu yang secara bersama-sama berkomitmen mendukung penyelenggaraan Pemilu 2024 berjalan aman, lancar, dalam suasana persatuan dan kesatuan.

Baca Juga  Bidang Hukum Polda Kaltara Gelar Rapat Koordinasi, Kombes Andrie Beri Penjelasan


Truno menambahkan Polri berkomitmen dalam penyelenggaraan pemilu dengan melakukan pengamanan dan memastikan bersikap netral.


“Kami pun mengimbau seluruh masyarakat dalam pemilu ini semua dalam koridor bagaimana menjaga persatuan dan kesatuan bangsa sehingga tentunya pemilu ini dapat berintegritas dan juga berkualitas,” kata Truno. (Rls: Laily/Ant/TR/Elvira Inda Sari)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Belum ada komentar disini
Jadilah yang pertama berkomentar disini