Komitmen Ciptakan SDM yang Handal Bahkan untuk WBP

Pelatihan bagi warga Binaan Rutan Tanjung Redeb.

TANJUNG REDEB – Pemkab Berau memiliki komitmen kuat dalam tujuannya, menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal serta kreatif, bahkan untuk warga binaan pemasyarakatan (WBP).

Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan kerap melaksanakan pelatihan kewirausahaan bagi masyarakat. Dan program ini menyasar semua lapisan masyarakat.

“Saya harapkan semua SDM di Berau bisa semakin maju. Dan khusus untuk WBP, pembekalan dengan skill yang didapatkan dari pelatihan ini, nantinya bisa menjadi salah satu bekal pasca keluar dari rutan,” ujar Bupati Berau Sri Juniarsih.

Baca Juga  Bupati Tegaskan, Sarpras Pedalaman dan Pesisir Juga Menjadi Fokus

Melalui Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Berau, kerjasama dengan rutan Kelas II B Tanjung Redeb, dalam hal pembinaan WBP akan terealisasi.

Pelatihan yang digelar ini akan meningkatkan kemampuan dan kompetensi para WBP, terlebih sebagai bekal berusaha usai menjalani masa hukumannya di dalam rutan.

“Rencana seperti itu sudah ada, kita ingin melengkapi para WBP dengan skill sederhana,” ungkap Kepala Diskoperindag Berau, Eva Yunita.

Baca Juga  Siapkan 3,9 Miliar, Tahun ini Expo Kembali Digelar

Dalam pertemuannya dengan Kepala Rutan Tanjung Redeb, Eva menuturkan keinginannya jalinan kerjasama itu bisa terwujud. Khususnya, bagi mereka WBP yang telah mendekati masa akhir menjalani hukumannya.

Tentunya hasil yang diharapkan adalah ketergantungan masyarakat pada pencarian kerja, bisa memiliki alternatif dengan membuka lapangan pekerjaan yang digeluti melalui usahanya sendiri nanti.

Baca Juga  KPU Berau Akan Gelar PSU di 4 TPS, Ini Alasannya

Eva menyebut, pihaknya juga siap apabila kedepan jalinan kerjasama dengan Rutan Kelas II Tanjung Redeb itu terlaksana. Diskoperindag siap memfasilitasi pelatihan berupa penyediaan tempat dan peserta pelatihan dari rutan.

Ia menginginkan, kolaborasi ini akan mungkin dilaksanakan pada Anggaran perubahan Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Berau 2024. Karena untuk program pelatihan saat ini telah disusun dan memiliki lokus sasaran peserta.(adv)

Reporter: Diva

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Belum ada komentar disini
Jadilah yang pertama berkomentar disini