Pemkab Segera Realisasikan Penerapan Satu Pintu Masuk Bagi Wisatawan

Foto: Sri Juniarsih, Bupati Berau

TANJUNG REDEB – Rencana penerapan satu pintu masuk di Berau bagi wisatawan yang akan menuju objek wisata, bakal segera terealisasi. Bupati Berau Sri Juniarsih akan melakukan koordinasi dengan dinas terkait, untuk mulai menerapkan sistem ini.

“Kita segera melakukan koordinasi dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Berau dan Dinas Perhubungan (Dishub) Berau. Jadi wisatawan yang datang melalui luar Berau bisa terdata jika melakukan registrasi di satu pintu masuk saja,” ucap Sri Juniarsih.

Baca Juga  Bupati Berau Menaikkan Insentif Kader Posyandu Menjadi Rp 1,4 Juta

Tak dipungkiri, pesona wisata Kabupaten Berau memang sudah terkenal hingga ke mancanegara. Bahkan, banyak wisatawan yang datang melalui Tarakan dan daerah sekitar Berau, yang hendak masuk ke objek wisata.

“Jadi satu pintu itu nanti mereka (wisatawan) masuk melalui Tanjung Redeb untuk pendataan, sebelum menuju objek wisata,” tambahnya.

Selain untuk pendataan, penarikan retribusi sebagai salah satu penopang pendapatan asli daerah (PAD) Berau juga akan lebih mudah. Dan multiplier effect yang ditimbulkan untuk perputaran ekonomi di Berau juga ada.

Karena nantinya wisatawan yang masuk melalui Tanjung Redeb, juga bisa ditarik untuk stay di Kota Tanjung Redeb terlebih dulu sebelum menuju objek wisata. Dimana dalam kota pun ada objek wisata sejarah budaya dan pusat jajanan kuliner yang bisa didatangi oleh wisatawan.(adv)

Baca Juga  Siapkan 3,9 Miliar, Tahun ini Expo Kembali Digelar

Reporter: Diva

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Belum ada komentar disini
Jadilah yang pertama berkomentar disini