Naik 11.883 Orang, DP4 Kaltara Sejumlah 522.135


TANJUNG SELOR – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kaltara telah menerima Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) secara nasional dari Kementerian Dalam Negeri. Untuk di Kaltara sendiri, jumlah DP4 yang telah diterima KPU Provinsi berjumlah 522.135 pemilih.

Jumlah DP4 Kaltara yang diterima KPU mengalami penambahan sebanyak 11.883 orang dari jumlah daftar Pemilih Tetap (DPT) dalam Pemilu 2024 lalu.

Ketua Divisi Perencanaan, Data dan Informasi KPU Kaltara, Nasruddin mengatakan, data DP4 ini akan menjadi bahan untuk penyusunan daftar pemilih dalam Pilkada 2024 di Kaltara nanti. Dikatakannya, data DP4 ini nantinya akan menjadi dasar bagi pihak KPU, mulai dari tingkatan pusat, provinsi hingga kabupaten/kota dalam menyusun daftar pemilih.

Baca Juga  Gubernur Zainal Arifin Paliwang Ungkap Keberhasilan Pemprov Kaltara di Hadapan Dirjen Otda Kemendagri

“Untuk data sekarang, masih ada di KPU RI untuk dilakukan singkronisasi dengan DPT pemilu terakhir (Pemilu 2024). Kalau (DP4) di Kaltara itu, kalau tidak salah sebanyak 522.135 pemilih. Ada tambahan dari DPT pemilu terakhir dengan jumlah 504.252 pemilih,” katanya.

Dia mengatakan, adanya data tambahan jumlah pemilih dalam DP4, diakuinya kerap terjadi. Karena didalam DP4, sudah termasuk bagi pemilih pemula. Setelah sinkronisasi antara data DP4 dan DPT pemilu terakhir, data itu akan diturunkan ke provinsi dan kabupaten/kota untuk kemudian dilakukan pencocokan dan penelitian (Coklit).

Baca Juga  Tim Penjinak Bom Brimob Polda Kaltara Dikerahkan Sterilisasi Lokasi Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Pemilu 2024 di Kaltara

Proses Coklit nantinya, akan dilakukan oleh jajaran KPU kabupaten/kota dengan melibatkan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih atau Pantarlih.

“Nanti data-data itu, akan dilakukan proses Coklit yang akan dilakukan oleh (KPU) kabupaten/kota yang akan melibatkan pantarlih. Nanti pantarlih mendatangi rumah-rumah warga untuk memastikan mereka (warga) terdaftaa sebagai pemilih,” jelasnya.

Baca Juga  Bidang Hukum Polda Kaltara Gelar Rapat Koordinasi, Kombes Andrie Beri Penjelasan

Namun demikian, untuk jumlah pemilih dalam Pilkada Kaltara tahun 2024 nanti belum final. Tahapan penentuan jumlah DPT Pilkada tahun 2024 masih akan melalui beberapa tahap lagi.

“Data (pemilih) ini kan terus bergerak. Di Kaltara juga, hampir setiap hari bergerak. Jadi yang pastinya (DPT Pilkada) nanti, itu baru ditahu ketika dilakukan coklit,” pungkasnya.(*)

Reporter: Zuhrie

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Belum ada komentar disini
Jadilah yang pertama berkomentar disini