Pemkab Ajukan Raperda RTRW untuk Cegah Kerusakan Lingkungan

Foto: Bupati Sri Juniarsih

TANJUNG REDEB – Tahun ini, Pemkab Berau kembali mengajukan rancangan peraturan daerah (Raperda) tentang rencana tata ruang wilayah (RTRW). Yang diharapkan akan mencegah terjadinya kerusakan lingkungan.

“Raperda ini diharapkan dapat meningkatkan iklim investasi di Berau ke depannya, tetapi juga mencegah terjadinya kerusakan lingkungan,” ujar Bupati Berau Sri Juniarsih.

Raperda RTRW yang diajukan itu merupakan revisi dari Perda Nomor 9 Tahun 2017 tentang RTRW Kabupaten Berau tahun 2016-2036, karena sebagai tindak lanjut atas rekomendasi peninjauan kembali dari Dirjen Tata Ruang Kementerian ATR-BPN tanggal 7 Februari 2023 lalu.

Baca Juga  Dermaga Baru Pulau Kakaban Diresmikan Bupati

“Dalam proses penyusunannya, disinkronisasi dengan dokumen perencanaan diatasnya. Perencanaan yang selaras dengan perencanaan sektoral dan dokumen pembangunan translok RTRW Provinsi Kalimantan Timur,” imbuhnya.

Perda itu juga nantinya bisa digunakan sebagai acuan pemberian insentif dan kemudahan penanaman modal bagi investor.

Baca Juga  Bupati Minta Dinas Pangan Pastikan Bahan Pangan Dipasaran Layak Konsumsi

“Perda itu memuat jenis usaha atau kegiatan investasi yang dapat memperoleh insentif dan atau kemudahan penanaman modal, yang menjadi fokus pengembangan dan prioritas kebijakan Kabupaten Berau,” tutupnya.(adv)

Reporter: Diva

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Belum ada komentar disini
Jadilah yang pertama berkomentar disini